FIFA Desak Iran Izinkan ‘Gadis Berjanggut’ Menyaksikan Sepakbola di Stadion

FIFA Desak Iran Izinkan ‘Gadis Berjanggut’ Menyaksikan Sepakbola di Stadion

Federasi sepakbola Dunia, FIFA mendesak Iran cepat menetapkan peraturan untuk wanita di sana dapat menyaksikan pertandingan sepakbola didalam stadion, Kamis (22/8).

Dilansir dari bbc, pemerintah Iran sebelumnya telah memberi tanda-tanda untuk menyediakan akses pada wanita dapat menyaksikan pertandingan sepakbola didalam stadion. Selama ini Iran telah memperbolehkan pertandingan tim nasional mereka ditonton langsung oleh kaum hawa.

Juru bicara pemerintah Iran Ali Rabiei menyatakan jika hingga sekarang bangsanya tengah menggodok soal aturan itu. Anggapannya beberapa pertimbangan yang mesti dimatangkan pemerintah Iran untuk menjadikan aturan itu.

“Masalah sosial butuh diselesaikan dengan memikirkan prinsip budaya dan peraturan yang tersedia di negeri ini, ” tutur Rabiei.

Pada Liga Iran musim kemarin, aparat kepolisian Iran tidak sedikit menangkap beberapa wanita yang menyamar jadi pria kala menyaksikan didalam stadion.

Kiprah ini memperoleh sejumlah kritikan dari beberapa pihak, tidak terkecuali dari FIFA. Di Iran sendiri para wanita yang berani untuk masuk ke dalam stadion untuk melihat pertandingan sepakbola dijuluki dengan panggilan ‘gadis berjanggut’.

Panggilan ini lantas jua ditentang oleh beberapa aktifis dan lebih senang memberikan julukan para wanita ini menjadi ‘gadis azadi’ ataupun gadis kebebasan.

“Banyak orang yakin pemerintah tidak punya peran tentang penangkapan ini namun pemerintah juga tidak memberi reaksi atas kasus itu, ” tutur salah 1 aktifis di Iran, Sepehr Khorrami.

Leave a Reply

Your email address will not be published.