5 Fakta Dibalik Layanan COD Yang Harus Diketahui Pebisnis Online

Salah sebuah cara Pembayaran yang kian populer diterapkan oleh sebagian besar #toko online di Indonesia guna melayani beli adalah cash-on-delivery (COD). Dengan system COD ini, pemakai hanya harus masuk ke situs e-commerce, menyeleksi barang, menuliskan alamat, lalu tinggal membayarnya saat produk telah datang ke hadapan pintu rumah mereka.

Dari sejumlah kasus yang ada ini, maka Anda menjadi pelaku #bisnis online perlu mengetahui dengan benar sejumlah fakta tentang pelayanan COD di Indonesia yang diungkap pada co-founder Zalora Indonesia, Hadi Wenas dibawah ini:

Pengembalian Barang Memang Akan Terjadi

Umumnya biro yang menyediakan COD memiliki ketakutan besar pada konsumen yang dengan gampangnya membalikan barang. Maka agency seringkali berpandangan bila kesuksesan penjualan masih belum terwujud hingga akhirnya pembeli benar-benar menyerahkan uangnya, terhindar dari berapa kali customer memesan.

Bersiaplah Untuk Pengembalian Terburuk

Walaupun Anda memberi ketentuan seketat apapun untuk persyaratan pengembalian, akan tetap ada saja sekian banyak pembeli yang menjajal mempermainkan sistemnya, semacam mengembalikan produk karena alasan jelek setelah digunakannya, mengembalikan produk asli dengan produk palsu atau bahkan membalikan dengan produk lain yang harganya murah.

COD Bukanlah Alasan Utama Terjadinya Pengembalian

Fakta selanjutnya yang harus diingat para pengusaha online yaitu bahwa layanan COD rupanya bukanlah satu-satunya alasan atau yang menyebabkan konsumen mengembalikan produk. Seringkali refund barang terjadi karena kurangnya info mengenai barang yang ditransaksikan. Hal ini terwujud ketika outlet online tidak menunjukan dan menjelaskan secara detail produk mereka secara rinci.

Makin Dewasa Pasar, Makin Sering Pengembalian Terjadi

Tidak sama dengan apa yang dikira sebagian besar orang, Hadi Wenas malah mempercayai bahwa dengan makin dewasanya market, maka refund barang akan makin mungkin terjadi. sebab akan banyak orang yang coba mengoptimalkan sistem COD dengan membeli sejumlah barang dan kemudian cuma membeli dan bayar satu barang ketika setiap barangnya sudah tiba.

Perusahaan Logistik Indonesia Lebih Terbuka Pada COD

Fakta terakhirnya yang harus Anda tahu dari COD ialah bahwa biro #logistik yang meyalani pengiriman produk kini bakal lebih terbuka pada COD. Hal ini ada karena tahap-tahap e-commerce di Indonesia yang makin menggeliat dan berkembang pesat. Selain itu, saat agency logistik kecil telah ikut meminati COD, akhirnya perusahaan logistik besar yang tadinya tak terlalu melihat COD, sekarang kemudian mau mengambil kesempatan ini.

One thought on “5 Fakta Dibalik Layanan COD Yang Harus Diketahui Pebisnis Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published.